Tuesday

Mengapa Memilih outsource Pengelolaan Gudang (Warehouse)

Posted by SR 7:50 PM, under ,, | 1 comment

Mengelola core business perusahaan jauh lebih penting dibandingkan sapabila manajer perusahaan sibuk memikirkan dan melakukan aktivitas logistik produk yang sebenarnya dapat diserahkan kepada pihak diluar perusahaan. Memberikan pekerjaan atau menggunakan sumberdaya pihak luar untuk melaksanakan salah satu aktivitas yang berkaitan dengan core business ini biasanya disebut outsources.

Dalam pengelolaan aktivitas logistik, meng-outsource suatu pekerjaan kepada pihak diluar perusahaan dapat memberikan keuntungan bagi manajemen sehingga fokus terhadap permasalahan internal perusahaan menjadi jauh lebih baik. Disamping itu masih terdapat beberapa keuntungan lain, diantaranya :

  • Menghindari timbulnya biaya yang tidak penting karena pengelolaan yang salah atau karena perusahaan belum memiliki keahlian yang cukup untuk melakukan pekerjaan dari suatu pekerjaan yang tidak terkait langsung dengan core business atau core product tersebut secara efektif dan optimal seperti mengelola aktivitas distribusi produknya.
  • Kurangnya pengalaman perusahaan dalam bidang tertentu untuk menentukan keuntungan yang benar-benar signifikan diarea pemasaran lain yang baru dapat dibantu oleh perusahaan lain yang sudah ahli dan berpengalaman.
  • Perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari persaingan yang lebih kompetitif diatas para pesaing melalui pemanfaatan perusahaan lain yang professional dalam rantai supply.
  • Menghindari adanya pengeluaran biaya modal untuk peralatan, software dan infrastruktur dalam bentuk initial cost maupun fix cost dan overhead cost.
  • Keuntungan dari daya beli transportasi perusahaan lain yang mengelola logistik dan pergudanganan (warehousing).
  • Meningkatkan pengembangan dan pengaturan bisnis perusahaan melalui proses supply chain.
  • Perusahaan dapat memanfaatkan jaringan (network) yang dimiliki oleh perusahaan yang mengelola pergudangan.
  • Mengambil manfaat dari fitur layanan lain yang diberikan oleh perusahaan pergudangan.
  • Memperpendek jangkauan komunikasi produk dengan konsumen, dan memberikan manfaat bagi konsumen dalam kepastian kualitas produk yang bergaransi.
  • Mempersingkat jangkauan distribusi yang harus diawasi langsung oleh perusahaan pemilik produk.

Tidak jarang keberhasilan dalam memenangkan persaingan yang dilakukan oleh suatu perusahaan merupakan andil yang tidak bisa dipungkiri dari adanya perusahaan-perusahaan lain dibelakangnya. Oleh karena itu acap kali kita salah menilai, bahwa pekerjaan yang diperankan oleh pihak luar tidak selamanya membebani perusahaan.

1 comments:

Saya suka artikelnya. Mohon maaf saya numpang promo

Dijual tanah 10 hektar dipinggir jalan, daerah cibitung bekasi, 5 hektar sertifikat 5 hektar ajb harga 2,6 juta permeter nego. Tidak banjir. 2 km menuju pintu tol cibitung.

Dan Tanah sertifikat 1,1 Hektar dipinggir kalimalang harga 2,8 juta permeter nego.

Lokasinya cocok buat pabrik, gudang industri, pool bus dan kontainer, kantor dll.


Gufron
08881764421
http://tanahdicibitung.blogspot.com/

Post a Comment